Saturday 28 March 2020

Sebelum Berinvestasi Saham, Pelajari Beberapa Hal Ini

Sebelum Berinvestasi Saham, Pelajari Beberapa Hal Ini

Mempersiapkan finansial di masa depan tentunya menjadi sesuatu yang amatlah penting untuk Anda lakukan sejak sekarang. Baik dengan cara menabung, atau pun dengan melakukan investasi. Berbicara tentang investasi, ada beragam jenis yang bisa Anda pilih, mulai dari investasi dalam bentuk properti, emas dan logam mulia, hingga investasi saham yang memiliki hasil cukup menjanjikan dalam jangka waktu panjang. Akan tetapi, sebelum Anda memutuskan berinvestasi saham, akan lebih baik jika Anda meluangkan waktu untuk mempelajari beberapa hal mendasar lebih dulu, agar nantinya Anda tidak berakhir dengan merugi.

Ketahui segala sesuatu tentang saham


Bagi Anda yang masih awam dalam bidang ini, mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan saham adalah aspek mendasar yang harus Anda lakukan sebelum terjun dalam bidang ini. Sebab, ketika Anda membeli saham, berarti Anda membeli sebagian dari sebuah perusahaan. Maka semakin banyak Anda mengetahui segala sesuatu tentang saham, akan semakin mudah bagi Anda untuk memulainya.

Anda juga bisa bergabung dengan komunitas yang khusus membahas tentang saham. Dari komunitas tersebut, Anda bisa bertanya pada orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bidang investasi saham.

Jangan termakan rumor dan rekomendasi


Ketika Anda bergabung dengan grup komunitas yang membahas tentang saham, Anda bisa menemui rumor atau pun rekomendasi saham. Yang perlu Anda lakukan adalah, jangan mempercayainya begitu saja. Carilah sumber rekomendasi yang valid.

Kenali untung dan rugi investasi saham


Sama seperti jenis investasi lainnya, investasi saham pun memiliki untung dan rugi. Sudah seharusnya Anda mencari tahu perihal untung dan ruginya ketika Anda memutuskan untuk mulai berinvestasi saham.

Jangan buru-buru membeli saham


Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi saham, jangan buru-buru membeli saham yang tengah berada dalam posisi murah. Karena harga murah suatu saham bisa menjadi indikasi bahwa perusahaan yang bersangkutan sedang tidak beres. Maka lakukan pertimbangan matang-matang sebelum Anda membelinya.

Waktu investasi


Tetapkan apakah Anda ingin berinvestasi jangka pendek, atau jangka panjang. Jika Anda berniat melakukan investasi saham jangka pendek, Anda perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham Anda kembali. Dan jika Anda memilih investasi saham jangka panjang, fokuslah pada saham yang hendak Anda beli dan Anda jual. Terlebih, pada kisaran harga berapa saham itu akan Anda jual atau Anda beli.

Modal investasi


Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi saham, tentunya Anda juga harus menyiapkan modal. Minimal investasi saham bisa Anda lakukan dengan Rp. 100 ribu.

Kenali perusahaan dan industri


Ketika Anda telah mempelajari segala sesuatu tentang saham dan Anda memutuskan untuk mulai berinvestasi, kenalilah lebih dulu perusahaan juga industri dari saham yang hendak Anda beli. Kenali apakah industrinya tengah naik atau justru sedang turun. Anda bisa membeli saham milik perusahaan-perusahaan BUMN yang memiliki harga saham relatif stabil karena dimiliki oleh pemerintah.

Meski Anda telah mempelajari beberapa hal yang berkaitan dengan investasi saham, Anda tetap harus bijak dan selalu waspada dalam berinvestasi. Atur pengeluaran dan pemasukan Anda dengan baik selama berinvestasi saham. Terlebih dalam mengambil setiap keputusan sebelum Anda menjual dan membeli saham. Anda harus memiliki perhitungan matang-matang. Jangan mudah tergiur penawaran yang menjanjikan untung tinggi. Karena setiap keputusan yang Anda ambil akan mempengaruhi investasi saham Anda. Kenali pula strategi-strategi dalam berinvestasi saham secara aman dan tentunya menguntungkan bagi Anda.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon