Friday 10 April 2020

Tips Investasi Reksadana Bagi Pemula (Gaptek)

Tips Investasi Reksadana Bagi Pemula (Gaptek)

Kamu ingin mencoba melakukan investasi atau bahkan terjun ke dalam bisnis investasi? Namun masih bingung harus memulai dari mana? Jangan khawatir, ragu maupun risau. Untuk kamu yang belum pernah terjun di dunia investasi sebelumnya, maka investasi reksadana adalah solusinya. Hal ini disebabkan investasi reksadana dapat dibilang sebagai salah satu jenis investasi yang paling mudah dijangkau oleh para investor. Terutama oleh investor-investor pemula. Sehingga investasi jenis ini sangat cocok untuk kamu.

Namun sebelum memutuskan untuk 100% terjun dalam dunia investasi reksadana, ada tidak sih tips jitu untuk mengikuti investasi reksadana? Apakah hanya dengan modal terbatas, kamu bisa masuk ke bidang investasi ini? Kamu tak perlu risau. Mari simak beberapa tips jitu investasi reksadana untuk pemula, meskipun dengan modal terbatas berikut ini.

Pahami Pengertian Reksadana


Reksadana adalah sebuah wadah yang biasanya digunakan oleh masyarakat, umumnya pemula dalam dunia investasi untuk acuan atau instrumen yang digunakan dalam investasi. Kendati demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui, apa itu reksadana? Padahal reksadana adalah salah satu instrumen investasi yang paling cocok digunakan oleh pemula dalam bidang investasi. Sebab instrumen ini memiliki bentuk yang lebih mudah dipahami bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

Tak hanya itu, reksadana juga merupakan sebuah instrumen investasi resmi yang sudah tercatat di dalam pemerintahan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi dengan tingkat keamanannya. Bahkan peraturan tentang Reksadana ini sudah tercantum di dalam Undang-Undang tentang Pasar Modal No 8 tahun 1995.

Pelajari Cara Kerja Reksadana


Reksadana memanglah instrumen investasi yang paling mudah dipelajari oleh pemula. Namun, kendati demikian kamu harus tetap mempelajari cara kerja reksadana dengan teliti dan sedetail mungkin. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari investasi tersebut.

Cara kerja dari investasi reksadana cukup mudah. Caranya yaitu dengan melakukan verifikasi investasi. Verifikasi investasi yang dimaksud adalah dengan memecah dana investasi menjadi beberapa bagian. Kemudian memasukkannya ke dalam perusahaan yang beda-beda. Sehingga investasi yang kamu tanamkan tidak hanya ada dalam satu perusahaan melainkan ke beberapa perusahaan sekaligus.

Cara kerja ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi kamu. Sebab, jika salah satu saham di perusahaan yang kamu tanami investasi mengalami penurunan nilai, maka kamu masih memiliki aset di perusahaan lain. Sehingga kerugian yang kamu alami tidak terlalu tinggi.

Hal ini tentu berbeda bila kamu menginvestasikan seluruh uangmu hanya pada satu perusahaan. Sebab, hal terburuk yang akan terjadi bila terjadi penurunan nilai saham, maka seluruh aset mu akan mengalami penurunan. Oleh karenanya kamu bisa mengalami kerugian yang cukup besar dalam waktu yang sama.

Pelajari Istilah-istilah dalam Investasi


Ada banyak sekali istilah yang digunakan dalam investasi. Untuk itu supaya kamu tidak dibodohi orang ketika melakukan investasi maka pelajarilah istilah-istilah dalam investasi. Sebab istilah-istilah ini pasti akan kamu lihat dalam laporan keuangan investasi.

Tentukan Tujuan dan Jenis Reksadana yang Sesuai


Setelah kamu mengetahui secara jelas tentang, apa itu reksadana? Bagaimana cara kerjanya? Istilah-istilah apa saja yang terdapat di dalamnya? Maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan dan jenis reksadana apa yang kiranya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Selain itu pikirkanlah tentang berapa banyak model yang akan kamu investasikan? Berapa lama jangka waktu investasi yang kamu kehendaki? Apakah kamu menginginkan investasi jangka panjang atau jangka pendek? semua kamu harus dipikirkan dengan matang supaya kamu tidak salah dalam melangkah di dalam bisnis investasi ini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon