Friday 10 November 2023

6 Cara Investasi Properti yang Aman bagi Pemula

 6 Cara Investasi Properti yang Aman bagi Pemula


6-cara-investasi-properti-yang-aman-bagi-pemula

Menyadur dari laman ojk.go.id, investasi merupakan aktivitas penanaman modal untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Biasanya, investasi dilakukan dalam jangka waktu yang panjang atau dalam periode tertentu dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau peningkatan nilai aset. 


Ada berbagai jenis investasi berdasarkan tujuannya yakni investasi jangka pendek, investasi jangka menengah, dan investasi jangka panjang. Jenis instrumen investasi pun cukup beragam seperti investasi logam mulia, investasi saham, hingga investasi properti.


Investasi properti merupakan salah satu jenis investasi yang mulai banyak dilirik oleh masyarakat karena nilainya yang terus bertambah mengikuti nilai inflasi setiap tahunnya. Terlebih, kebutuhan properti di pasar begitu tinggi sehingga investasi properti dinilai dapat memberikan keuntungan yang besar. 


Ada berbagai macam aset investasi di bidang properti seperti tanah kosong, gudang, ruko, apartemen, rumah hunian, hingga hotel. Kegiatan investasi ini tidak terbatas pada jual beli instrumen saja, namun Anda juga dapat menyewakan aset instrumen dan mendapat keuntungan hanya dengan duduk manis di rumah.


Meski terkesan mudah, namun investasi properti tidak bisa dilakukan sembarangan dan perlu modal yang tidak sedikit. Jika dilakukan tanpa perhitungan, bukan keuntungan yang didapat, namun bisa saja kerugian yang terjadi. Lalu, bagaimana caranya melakukan investasi properti yang aman bagi pemula?


 

Cara Investasi Properti yang Aman


Jika Anda berminat dan berencana berinvestasi di bidang properti, maka Anda perlu mengetahui beberapa cara berinvestasi bagi investor pemula. Hal ini dilakukan agar investasi yang dilakukan memperoleh keuntungan yang maksimal.


Mempersiapkan Dana Investasi


Cara pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan dana investasi dan dana lain yang diperlukan. Bukan rahasia umum jika modal untuk investasi tidaklah sedikit. 


Berikut beberapa biaya yang perlu disiapkan sebelum berinvestasi di bidang properti :


Biaya Tanda Jadi

Uang Muka

Angsuran 

Biaya asuransi 

Biaya notaris

Pajak properti


Pilih Lokasi Properti yang Strategis


Lokasi properti merupakan hal krusial yang harus ditentukan sebelum Anda membeli properti atau mulai berinvestasi. Lokasi akan mempengaruhi minat calon user, serta berpengaruh pada harga jual-beli-sewa properti. 


Properti yang berada di lokasi strategis memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibanding properti yang berada di pinggir kota. Pilihlah properti yang berada di lokasi strategis, mudah dijangkau, serta dekat dengan pusat keramaian.


Cek Harga Pasar Properti


Riset harga pasar properti perlu dilakukan sebelum Anda memutuskan membeli sebuah properti. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan harga terbaik sesuai harga pasar properti di wilayah Anda.


Biasanya, harga pasar properti berbeda tergantung wilayah dan lokasi properti. Riset harga pasar properti bisa dilakukan secara online melalui beberapa platform penyedia properti maupun bertanya langsung kepada agen properti di wilayah Anda. AESIA juga dapat menyediakan informasi untuk keperluan pembanding harga pasar properti.


Pilih Developer Terpercaya


Jika Anda berencana membeli properti menggunakan jasa developer atau pengembang, maka Anda harus pintar memilih developer yang terpercaya agar tidak terjebak oleh oknum bodong. 


Riset reputasi dan performa developer di pasaran secara online maupun langsung. Pastikan performa developer yang akan Anda pilih bagus dan dapat dipercaya.


Persetujuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)


Persetujuan KPR biasanya digunakan untuk meringankan pembayaran rumah, sehingga banyak sekali orang yang berusaha mendapatkan persetujuan KPR. KPR menjadi salah satu faktor yang memudahkan investor pemula ketika memulai investasi properti. 


Pilih Tenor Sesuai Kemampuan Keuangan


Saat pengajuan KPR, pihak bank akan menawarkan beberapa pilihan tenor yang bisa Anda pilih sesuai kemampuan keuangan Anda. Tenor yang ditawarkan biasanya berkisar antara 5 tahun hingga 10 tahun. Pilihlah tenor yang sesuai dengan profil keuangan dan dana yang tersedia. 


Itulah beberapa cara investasi properti yang aman bagi Pemula. Apabila Anda membutuhkan properti untuk kebutuhan yang mendesak, terjangkau dan aman dari sisi legalitas dan lokasi, maka Anda sudah berada di laman yang tepat. AESIA menawarkan lebih dari 300 properti yang tersebar di seluruh Indonesia dengan keandalan dari sisi keamanan transaksi, keamanan lingkungan ataupun keamanan dari sisi legalitas. Yuk penuhi kebutuhan propertimu melalui platform AESIA. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon