Thursday 26 March 2020

Intip 7 Hal Penting Ini Sebelum Anda Memulai Investasi Properti

Intip 7 Hal Penting Ini Sebelum Anda Memulai Investasi Properti

Mempunyai properti  untuk disewakan adalah langkah ideal sebagai tambahan pundi-pundi rupiah Anda, sekaligus bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Kehadiran properti memang membuat siapa saja mampu memperoleh penghasilan pasif. Karena itu, wajar jika banyak orang tertarik menjalankan investasi properti untuk menambah penghasilan mereka. Akan tetapi, setelah uang terkumpul lalu Anda ingin memulai bisnis properti, sangat penting untuk memperhatikan kriteria penting yang membuat penyewa berbondong-bondong untuk menyewa properti Anda.

Ini Dia Kriteria Penting Sebelum Memulai Investasi di Bidang Properti

Perhatikan Dukungan Lokasi di Sekitar Properti Anda


Lokasi atau lingkungan tempat property berada, sangat berpengaruh terhadap jenis penyewa property. Apabila lokasi properti atau rumah yang dimiliki ada di kawasan sekolah atau universitas, maka siswa atau mahasiswa yang bersekolah di sekitar property tersebut tentu menjadi penyewa yang potensial.

Lokasinya Dekat Dengan Sekolah


Ini adalah hal yang paling mendasar ketika Anda ingin membangun atau menginvestasikan dana Anda dalam bidang properti. Pastikan properti yang Anda beli lokasinya dekat dengan area sekolah. Sayang sekali jika Anda mempunyai properti bagus, namun kurang ramai atau jauh dari kawasan sekolah berkualitas.

Perhatikan Keamanan Lingkungan Properti Anda


Tentu tak satupun orang bersedia untuk tinggal di lokasi yang rawan tindakan kriminal. Dengan demikian, property Anda pun tak akan diminati penyewa, apabila lokasi property tersebut di lingkungan yang rawan. Ada cara terbaik agar Anda bisa mengetahui tingkat kejahatan dari suatu daerah ialah dengan melihat informasi data statistik, dan biasanya data tersebut bisa Anda dapatkan di perpustakaan umum.

Fasilitas Yang Tersedia


Orang yang tinggal di suatu daerah tak hanya memerlukan tempat tinggal saja, tetapi juga memerlukan hiburan dan banyak fasilitas lainnya. Sebuah properti bisa dikatakan strategis, jika lokasinya dekat dengan sarana transportasi umum, sarana kesehatan, pusat berbelanja, bioskop, mall, dan sebagainya.

Rencanakan Pengembangan Properti di Masa Mendatang

Sebuah property dikatakan bernilai tak hanya dilihat berdasarkan situasinya sekarang, melainkan juga dilihat dari rencana pengembangan di waktu mendatang. Apabila kawasan tersebut akan dibangun mall, Gedung apartemen, maupun sekolah, area tersebut tentu saja dapat berpotensi mempunyai tingkat pertumbuhan yang baik. Selain itu, pengembangan properti di masa mendatang pun dapat berpotensi merugikan, karena berpengaruh pada daya saing bisnis properti Anda.

Pajak Yang Dibebankan


Hal yang harus diketahui ialah pajak properti yang berbeda antara kawasan yang satu dengan kawasan lainnya. Maka dari itu, penting sekali mengetahui jumlah pajak properti yang dibayarkan. Jadi jangan sampai hasil dari sewa properti tak bisa menutupi jumlah pajak yang dibebankan. Tapi Anda juga harus ingat untuk tidak terlalu mempermasalahkan tingginya pajak yang dibebankan, apabila kawasan properti Anda di lokasi strategis dengan banyak penyewa, jadi tak ada salahnya untuk membeli properti di lingkungan tersebut.

Rata-Rata Hasil Sewa Properti


Pendapatan hasil sewa menjadi potensi pendapatan sampingan yang akan diperoleh ketika Anda mempunyai usaha sewa properti. Anda harus bisa memastikan dengan baik jumlah rata-rata dari biaya sewa properti di lingkungan sekitar properti Anda. Dengan kata lain, jangan sampai menetapkan harga penyewaan properti terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Apabila Anda menetapkan harga penyewaan properti lebih tinggi dibandingkan biaya sewa rata-rata, Anda harus memastikan apakah Anda memiliki fasilitas tambahan atau nilai jual lainnya untuk para penyewa ataukah tidak.

Itulah 7 hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai investasi properti sebagai penghasilan tambahan atau utama Anda. Rencanakan sebaik mungkin semua hal di atas selain mempersiapkan budget dan properti yang akan disewakan!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon