Wednesday 6 March 2024

Cara Investasi Emas Biar Untung Cepat, Mudah Sekali

investasi-emas


Investasi emas menjadi pilihan bagi mereka yang tidak suka mengambil risiko. Bukan cuma emak-emak saja yang suka logam mulia ini, generasi muda pun mulai melek berinvestasi emas.

Harga emas yang selalu mengalami peningkatan signifikan, membuatnya selalu diburu sebagai alat investasi. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui cara investasi emas.


Cara investasi emas agar untung


Apabila kamu termasuk yang ingin berinvestasi di logam mulia ini, jangan khawatir tidak mengetahui cara investasi emas yang aman. Berikut ulasan cara investasi emas yang aman untuk pemula.


1. Cek tujuan investasi emas


Pastikan kamu tahu untuk apa tujuan berinvestasi emas. Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi hari tua.

 

2. Pantau perkembangan harga emas


Cara investasi emas berikutnya adalah memantau perkembangan harga emas secara berkala. Banyak situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Kemudian ada juga aplikasi pada ponsel yang dapat menampilkan perkembangan harga emas.

 

Apa tujuan Anda memantau perkembangan harga emas? Emas meski dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil terkadang juga mengalami penurunan harga. Meski jarang, tidak ada salahnya untuk membelinya. Kemudian saat secara tiba-tiba harga emas melonjak tinggi, Anda juga mempunyai pilihan untuk kemudian menjualnya.

Namun perlu dipahami investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun. Itu cara investasi emas yang kedua.


3. Beli emas di tempat terpercaya


Cara investasi emas selanjutnya adalah mengetahui tempat pembelian emas. Ada beberapa tempat yang menjual emas batangan untuk berinvestasi. kamu sebaiknya membeli emas di tempat-tempat yang menjual secara resmi dan terpercaya.

 

Resmi yakni menjual emas dengan menyertakan surat-surat dan sertifikatnya karena ada penjual emas yang menyediakan logam mulia tersebut dengan cara cepat namun tidak disertakan dengan sertifikat. Hanya emas batangannya saja.

 

Salah satu tempat yang direkomendasikan dan termasuk cara investasi emas adalah membelinya di PT Antam. Anda bisa membelinya langsung di gerai penjualan emas di kantor PT Antam atau situs-situs e-commerce yang memang menjual emas dari PT Antam secara resmi. Anda juga bisa membeli dan membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian. Keduanya merupakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sehingga penjualannya lebih terpercaya.

 

4. Simpan emas di tempat aman


Selanjutnya cara investasi emas yang mudah diikuti oleh pemula ada perhatikan tempat penyimpanannya. Salah satu tips atau cara investasi emas adalah Anda juga harus mengerti tempat penyimpanan emas yang aman. Yang paling mudah ialah menyimpannya di rumah sendiri di dalam brankas atau safety box.

 

Jika merasa kurang aman Anda juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank. Tentunya jika memilih untuk menggunakan SDB, ada biaya tambahan yang diperlukan. Harga untuk menggunakan SDB relatif tergantung dengan bank masing-masing. Untuk SDB, selain emas bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang maupun surat-surat berharga lainnya seperti sertifikat rumah atau tanah.

 

5. Investasi jangka panjang


Cara investasi emas yang selanjutnya adalah fokus di masa depan. Anda harus memahami investasi merupakan tabungan untuk masa depan baik itu yang sifatnya jangka pendek atau jangka panjang yakni bisa 10 sampai 15 tahun mendatang.

 

Jadi saat melakukan investasi, termasuk investasi emas, perlu kesabaran dalam melihat hasilnya. Investasi emas sangat cocok sebagai investasi jangka panjang sehingga hasilnya baru terasa setidaknya 5-10 tahun mendatang.

 

Ingat, investasi berbeda dengan jual beli yang memang bertujuan untuk mencari keuntungan dalam waktu singkat. Karena itu dalam berinvestasi emas, Anda harus fokus terhadap tujuan dan masa depan yang ingin Anda capai. Jadi, fokus pada masa depan adalah cara investasi emas yang bisa Anda terapkan.


Untung rugi investasi emas


Melansir laman Pintu, investasi emas memiliki risiko relatif kecil. Meski begitu, bukan berarti investasi emas tidak ada kekuranganya. Berikut untung rugi investasi emas.

 

Keuntungan investasi emas

Risiko rendah. Harga logam mulia jarang mengalami penurunan secara signifikan.

Mudah dicairkan. Baik emas batangan ataupun perhiasan, emas bisa dicairkan dalam waktu relatif singkat apabila dibandingkan instrumen investasi lain misalnya properti.

Bisa dimulai dengan modal kecil. Beberapa platform digital bahkan menyajikan jual beli emas digital mulai dari Rp50 ribu.

Tidak ada biaya perawatan, berlaku untuk emas digital.

Melindungi kekayaan. Contohnya bila sewaktu-waktu terjadi inflasi maupun krisis ekonomi, harga emas malah cenderung mengalami kenaikan. Hal ini sangat berbeda jika Kamu hanya menyimpan uang dalam bentuk tunai.

 

Kerugian investasi emas

  1. Kurang cocok untuk investasi jangka pendek. Emas bukan instrumen investasi jangka pendek, sekalipun yang kamu beli adalah emas Antam. Kenaikan harga emas Antam dalam waktu singkat tidak akan mampu meng-kover selisih harga beli dan harga jual.
  2. Harganya cenderung melambat saat ekonomi stabil. Kalau ekonomi sedang stabil, misalnya tidak ada inflasi, harga emas cenderung stabil. Tidak ada kenaikan, kalau ada pun biasanya sangat kecil.
  3. Berdampak kecil bagi ekonomi secara riil. Bagi pertumbuhan ekonomi, investasi emas tidak ada dampaknya secara riil. Kamu yang memiliki sifat nasionalis, tentu kurang cocok.


Risiko investasi emas

  1. Buat kamu yang berniat memilih emas sebagai investasi, berikut beberapa risiko investasi emas yang perlu kamu perhatikan. 
  2. Risiko kehilangan. Terutama kalau kamu investasi emas dalam bentuk emas batangan atau emas perhiasan. 
  3. Produk palsu. Tidak semua emas asli. Simak bagaimana ciri-ciri emas asli dan palsu serta cara membedakan keduanya berikut ini. 
  4. Tidak ada passive income. Berbeda dengan instrumen investasi seperti deposito, obligasi, saham, hingga properti yang punya keuntungan berupa passive income baik dalam dividen maupun biaya sewa, keuntungan investasi emas hanyalah dalam bentuk perbedaan harga jual dan beli.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon