Friday 10 April 2020

Cara Mudah Investasi Reksadana yang Menguntungkan Bagi Pemula

Cara Mudah Investasi Reksadana yang Menguntungkan Bagi Pemula

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang berbagai jenis investasi. Manfaat, kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu dapatkan bila terjun ke dalam dunia investasi. Tentunya hal ini sudah sangat familiar, khususnya bagi kamu yang memang bekerja di bidang yang berkaitan dengan investasi ataupun kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia investasi.


Banyak orang yang berpendapat bahwa investasi terbaik adalah dengan investasi reksadana. Namun, sebenarnya apa sih reksadana itu? Lalu, bagaimana cara mudah untuk melakukan investasi reksadana tapi tetap menguntungkan kamu? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari simak beberapa uraian berikut ini.

Pengertian Investasi Reksadana


Sejarah singkat reksa dana adalah salah satu wadah investasi keuangan yang memiliki sistem sederhana. Cara kerja dari sistem ini pun sangat mudah. Kamu hanya perlu membeli reksadana yang kamu inginkan, sesuai dengan modal yang bisa kamu kumpulkan. Artinya modal yang kamu tanamkan tidak perlu dalam besar ( puluhan bahkan ratusan juta rupiah ). Dengan modal kecil pun kamu sudah bisa memulai investasi ini. Kemudian modal yang kamu belikan reksadana tersebut akan dikelola oleh manajer investasi.

Lalu, bagaimana cara mudah untuk melakukan investasi reksadana? Penasaran? Beberapa langkah mudah untuk melakukan investasi reksadana, yaitu :

Tentukan Tujuan Investasi


Hal yang paling utama, sebelum kamu melangkah ke cara-cara cara untuk melakukan investasi reksadana selanjutnya adalah menentukan terlebih dahulu tujuan dari investasi yang kamu lakukan. Sebab bisa dikatakan investasi ini menjadi hal yang percuma bila kamu melakukannya tanpa tujuan yang pasti. Beberapa contoh tujuan utama yang umum gunakan orang untuk investasi reksadana adalah sebagai dana pensiun, biaya untuk pendidikan, biaya traveling ke seluruh dunia, membeli rumah impian, membeli mobil ataupun beberapa tujuan lain yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Penetapan tujuan ini, sangat berpengaruh dengan jangka waktu dari investasi yang ingin kamu lakukan. Sehingga panjang pendeknya durasi waktu investasi juga bisa ditentukan lewat tujuan tersebut. durasi waktu ini juga sangat berpengaruh dengan jenis reksadana yang harus kamu pilih. Oleh karenanya, tujuan investasi menjadi pokok utama sebelum kamu melakukan investasi reksadana.

Nah, kira-kira apa sih tujuan kamu untuk melakukan investasi reksadana? Bila kamu sudah menemukan tujuanmu maka kamu bisa melanjutkan ke langkah-langkah selanjutnya. Namun jika kamu belum menemukan tujuanmu, sebaiknya kamu cari apa tujuanmu melakukan investasi? Sebelum mendapatkan tujuan tersebut, kamu belum bisa melangkah ke step selanjutnya.

Pahami Jenis-jenis Reksadana


Setelah menentukan tujuan dari investasi reksadana yang kamu lakukan, maka langkah selanjutnya adalah memilih jenis reksadana yang sekiranya cocok dan sejalan dengan tujuan yang kamu miliki. Sebelum kamu memilih jenis tanah yang cocok tersebut, kamu harus memahami terlebih dahulu jenis-jenis reksadana yang ada. Hal ini dikarenakan ada banyak jenis Reksadana dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karenanya kamu harus benar-benar selektif dalam menentukan mana jenis investasi reksadana yang sekiranya cocok dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Perhatikan Langkah Investasi dan Statusnya di OJK


Hal yang tak kalah penting dalam melakukan investasi reksadana adalah memperhatikan langkah investasi. Selain itu, kamu juga harus memastikan reksadana yang kamu ikuti adalah reksadana legal. Dalam arti, reksadana ini memiliki izin dari otoritas jasa keuangan atau yang lebih terkenal dengan nama OJK.

Selain menjadi bukti bahwa reksadana yang kamu ikuti memiliki izin resmi. Tak hanya itu, terdaftarnya reksadana dalam OJK juga menjadi jaminan bagi kamu bahwa reksadana yang kamu ikuti aman dan terpercaya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir bila reksadana tersebut hanyalah sebuah penipuan ( investasi bodong ).

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon